Iklan

GMKI Jakarta Angkat Bicara Soal Penyelenggaraan KTT ASEAN 2023

El Zahrany
Rabu, 06 September 2023
Last Updated 2024-09-17T18:28:05Z
Premium By Raushan Design With Shroff Templates
Pasang Iklan Anda Disini


Narasiumat.com - Menyikapi terkait Penyelenggaran KTT ASEAN 2023 di Jakarta, Ketua GMKI Jakarta angkat bicara. Hal itu disampaikan Chrysmon Gultom dalam keterangannya pada Wartawan Senin (04/09/2023) Kemarin.

Chrysmon Gultom menyampaikan bahwa "ini bukan soal Indonesia menjadi Ketua KTT ASEAN saja tapi mampu atau tidak Pemerintah Indonesia menyelesaikan persoalan yang sangat merugikan masyarakat Indonesia. Kasus Perdagangan Manusia ini sudah banyak memakan korban, dari data yang kita kaji terdapat ratusan hingga ribuan korban sejak 2020-2023 dan balik ke Tanah Air dalam kondisi meninggal dunia,"Ujarnya.

Vietnam sebagai salah satu anggota ASEAN juga masih terkenal dengan kasus perdagangan manusianya. Salah satu kasus yang paling terkenal adalah kasus perdagangan Wanita dan anak untuk dinikahkan di China. 

Dalam data yang ditulis oleh Stöckl, Heidi at al (2017) dikatakan bahwa ada 51 wanita dan seorang gadis Vietnam berusia 14 tahun yang telah menjadi korban dalam kasus ini. Itu hanya Sebagian dari kasus di Vietnam yang baru diketahui belum lagi kita bicara tentang ekspolitasi tenaga kerja migran, penjualan organ, dll.

Itu baru Sebagian contoh kasus dari negara negara anggota ASEAN tentang kasus Human Trafficking, belum lagi kita membahas tentang Thailand dengan kasus perdagangan manusia dalam sektor perikanan, pertanian dan prostitusi. Lalu ada Myanmar yang terkenal sebagai pasar hitam organ manusia dan kasus rekrutmen tantara bersenjata anak anak, Filipina dengan kasus pekerja migran, Malaysia dan Singapura dengan kasus penjualan manusia di sektor konstruksi, rumah tangga dan prostitusi, Laos dengan kasus perdagangan manusia dalam sektor pekerjaan domestik, Brunei Darussalam dan Timor Leste dalam kasus pekerjaan paksa dan eksploitasi seksual. 

Lantas bagaimana pihak imigrasi bisa kecolongan seperti tidak paham tugas? Kemudian bagaimana upaya TNI/POLRI dalam Intelijen Dini? 

Melanjutkan point, GMKI Jakarta juga menyoroti Kendaraan listrik bukanlah energi terbarukan yang ramah lingkungan tetapi malah makin memberikan dampak negatif bagi alam dan lingkungan. Kendaraan listrik tentunya menggunakan baterai dan baterai tersebut menggunakan nikel. Nikel berasal dari bijih bijih nikel yang ditambang. Dampaknya kita semua sudah tahu, artinya penggunaan kendaraan listrik sama saja dengan peningkatan pertambangan dan sialnya Indonesia dan Filipina sebagai negara penghasil nikel turut ikut andil dalam perusakan lingkungan. 

Bahan bakar listrik tentunya tidak menimbukan emisi gas karbon tetapi akan membuat penggunaan listrik di Indonesia semakin meningkat artinya PLTU akan lebih membutuhkan batubara sebagai sumber daya untuk menjalankan PLTU dan berujung pada meningkatnya penambangan batubara berlebih. 

Atas persoalan yang terjadi ini, saya menyampaikan bahwa GMKI Jakarta akan konsisten bergerak selama pelaksanaan KTT ASEAN di Jakarta untuk mengedukasi masyarakat melalui penyebaran spanduk dan release kajian GMKI Jakarta agar publik secara luas menyadari bahwa KTT ASEAN hanya ceremony elite dan agenda yang membuang anggaran serta ambisi oligarki. 

GMKI Jakarta menyampaikan akan berkomunikasi dengan kalangan mahasiswa, cipayung hingga cabang GMKI di Wilayah 3 untuk mengeluarkan sikap agar membangun gerakan solidaritas terhadap korban perdagangan manusia dan korban dampak pertambangan,"tutupnya.

iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Stars Rally to Beat Predators in Winter Classic at Cotton Bowl