Iklan

GP Ansor Berperan Aktif dalam Mengawasi Pilkada Maluku 2024 Untuk Menjamin Integritas, Transparansi, dan Demokrasi

El Zahrany
Rabu, 15 Mei 2024
Last Updated 2024-05-15T16:37:27Z
Premium By Raushan Design With Shroff Templates
Pasang Iklan Anda Disini

Narasiumat.com - Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2024 menandai sebuah tonggak penting dalam perjalanan demokrasi di Indonesia, dengan fokus yang kuat pada integritas, transparansi, dan demokrasi yang sejati. 


Proses Pilkada tahun ini telah disaksikan oleh masyarakat secara luas dengan harapan tinggi akan proses yang adil dan bermartabat. Berbagai langkah telah diambil untuk memastikan integritas dalam proses tersebut, termasuk pengawasan yang ketat dari lembaga pemantau Independen, serta keterlibatan aktif dari dalam mengawasi dan melaporkan potensi pelanggaran. 


Organisasi Nahdatul Ulama (NU) khususnya Gerakan Pemuda Ansor, telah memainkan peran kunci dalam mengawasi Pilkada 2024 mendatang guna memastikan proses pemilu yang berintegritas, transparan, dan demokratis. Dengan basis jaringan yang sangat kuat di berbagai wilayah Indonesia. GP Ansor memiliki posisi yang strategis untuk memantau setiap tahapan pilkada, mulai dari tahap persiapan hingga pelaksanaan dan pengumuman hasil. 


Sebagai anggota GP Ansor Maluku Tenggara, Rikman Sanmas menjelaskan keberadaan Ansor sebagai bagian dari masyarakat sipil yang aktif membantu dalam mencegah potensi pelanggaran, memastikan bahwa standar integritas terjaga, dan menyediakan saluran bagi masyarakat untuk melaporkan kecurangan atau ketidakberesan yang mereke saksikan selama proses Pilkada serentak di 11 kabupaten kota di Maluku pada November mendatang, termasuk Kota Tual dan Kabupaten Maluku Tenggara.


“Saya rasa publik sudah mengetahui bahwa Pilkada di Maluku selama ini menunjukan tingkat kecurangan dan money politik yang begitu besar, untuk itu Transparansi menjadi kunci dalam setiap tahapan Pilkada di Maluku, dengan penyelenggaraan yang terbuka dan akses informasi yang mudah bagi Masyarakat, pelaporan dana kampanye dipantau dengan ketat untuk mencegah praktik korupsi dan kecurangan lainnya.



Demokrasi yang sejati tercermin dalam partisipasi aktif warga dalam proses politik, baik melalui pemilihan langsung maupun melalui diskusi dan debat yang sehat,”Ungkap Rikman pada Rabu (15/05/2024).


Peran aktif Ansor, harapannya akan terwujud dalam Pilkada serentak di tahun 2024 yang bersih dan demokratis, semakin mendapat dukungan dari berbagai pihak. Partisipasi aktif organisasi masyarakat sipil seperti GP Ansor menjadi kunci dalam membangun budaya politik yang sehat dan menjaga integritas demokrasi di Indonesia. 


“Dengan berbagai upaya ini, Pilkada tahun 2024 di Maluku diharapkan menjadi contoh bagi proses pemilihan umum di masa depan, memperkuat fondasi demokrasi Indonesia dan memastikan suara rakyat benar - benar didengar dan dihormati,”tegasnya.

iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Stars Rally to Beat Predators in Winter Classic at Cotton Bowl