Iklan

Upaya Pemerintah Menjaga Stabilitas Cadangan Pangan Untuk Mengendalikan Inflasi

El Zahrany
Minggu, 26 Mei 2024
Last Updated 2024-09-17T18:10:26Z
Premium By Raushan Design With Shroff Templates
Pasang Iklan Anda Disini

Narasiumat.com - Pemerintah memainkan peran penting dalam menjaga stabilitas pasokan pangan untuk mengendalikan inflasi melalui serangkaian langkah strategis yang saling terkait. Langkah-langkah strategis dilakukan termasuk monitoring produksi pangan, regulasi harga dan distribusi, diversifikasi produksi, dan kerja sama lintas sektor. 


Bapanas juga terus memperkuat kebijakan pangan nasional dengan fokus utama pada cadangan pangan pemerintah. Langkah ini diambil guna menjamin ketersediaan pangan strategis dan mengentaskan daerah rentan rawan pangan.


Penting memberikan literasi dan bagi masyarakat dan generasi muda khususnya untuk mengambil peran aktif dalam mendukung implementasi kebijakan yang telah disiapkan oleh Pemerintah. 


Rachmi Widiriani selaku Direktur Distribusi dan Cadangan Pangan Badan Pangan Nasional memberikan paparan mengenai apa saja kebijakan yang dilakukan pemerintah dalam upaya menjaga ketahanan pangan Nasional, 27/05/2024.


Menanggapi hal tersebut Rachmi Widiriani menjelaskan bahwa Pemerintah memperkuat cadangan pangan guna tetap dapat memenuhi kebutuhan masyarakat.


“Badan Pangan Nasional/Bapanas memperkuat cadangan pangan pemerintah. Saat ini Bulog dan BUMN Pangan ID FOOD sebagai operatornya”, ucap Rachmi.


Pihaknya juga menyampaikan bahwa pemerintah mengelola 11 komoditas pangan untuk menjaga ketahanan pangan melalui diversifikasi bahan makanan.


“Cadangan pangan pemerintah sudah mengelola 11 komoditas pangan antara lain beras, jagung, kedelai, ayam, daging, ikan, telur, minyak goreng, bawang merah, bawang putih dan cabai”, ungkapnya.


Selain itu Rachmi juga memaparkan bahwa Bapanas juga gencar melakukan sosialisasi dan mengedukasi masyarakat tentang makanan bergizi yang seimbang dan aman serta mencegah pemborosan makanan. 


“Bapanas juga melakukan gerakan edukasi, sosialisasi 'pangan, makanan beragam, bergizi, seimbang dan aman'. Sekaligus juga edukasi tentang stop pemborosan pangan. Kegiatan Bapanas ini juga sebagai salah satu pengendalian Inflasi”, kata Rachmi.


Bapanas terus melakukan penguatan cadangan pangan pemerintah, berkolaborasi dengan KL, Kemendagri, dan Pemerintah Daerah dalam mendorong percepatan penguatan cadangan pangan pemerintah daerah.


“Selain itu, Bapanas juga melakukan penguatan pengelolaan lumbung masyarakat, jadi cadangan pangan ini kita bangun berlapis jadi tidak bergantung kepada cadangan pangan pemerintah saja,” ungkapnya.


Dalam tanggapannya Rachmi mengajak seluruh masyarakat agar mendukung penuh kebijakan yang dilakukan oleh Pemerintah dalam menjaga ketahanan pangan sehingga dampak positifnya dalam pencegahan inflasi.

iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Stars Rally to Beat Predators in Winter Classic at Cotton Bowl